>

Minggu, 02 Januari 2011

Membuat Profil Berbeda Dalam Satu Firefox


Pagi-pagi buta si Uti menggerutu saat hendak browsing dengan browser kesayangannya, Mozilla Firefox. Ketika meminjam laptop untuk browsing tugas sekolah tadi malam, si Una, adeknya, mengganti-ganti tampilan Firefoxnya dengan Personas dan menginstall beberapa plugin. Hal tersebut selalu terjadi, dan setiap laptopnya selesai digunakan si Una, Uti harus menyeting ulang Mozilla Firefoxnya.
“Idih.. seenaknya aja nich ganti-ganti themes, instal plugin-plugin ga penting. Bikin berat browser ajah..” Si Una menggerutu.
Andai saja si Una membaca artikel ini, dia tidak perlu menyeting ulang Mozilla Firefoxnya dan mendisable plugin-plugin yang tidak diinginkan tiap selesai digunakan Uti karena Mozilla Firefox memungkinkan user untuk membuat banyak profil dalam satu browser. Buatin ajah profil untuk Una, Ayah dan Ibu biar masing-masing user bisa melakukan personalisasi pada Mozilla Firefox tanpa menganggu user lain.

Langkah-Langkahnya

  1. Tutup semua jendela Mozilla Firefox yang masih terbuka. Klik Start → Run, ketik: firefox -profilemanager lalu tekan Enter. Kotak dialog Profile Manager Mozilla Firefox akan terbuka. Apa? keluar pesan Error seperti ini?
    {Image: Windows Error}
    Windows Error
    Wah, berarti ada suatu hal yang menyebabkan firefox terhapus dari Environment Variable. Jika memang demikian Anda harus mengetikkan lokasi firefox.exe diikuti parameter -profilemanager. Klik Start → Run, lalu ketik:
    "C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe" -profilemanager
    Setelah Anda menekan Enter, silahkan tersenyum karena jendela Profile Manager pastinya terbuka seketika itu juga :D
    {Img: Firefox Profile Manager}
    Firefox Profile Manager
    Terlihat hanya ada satu profil, yaitu default, yang merupakan profil yang sehari-harinya Anda gunakan. Klik [Create Profile] untuk membuat profil baru.
  2. Klik [Next] pada jendela yang muncul. Pada kotak dialog berikutnya, masukkan nama profil baru yang Anda inginkan.
    {Image: Enter new profile name}
    Enter new profile name
    Dalam contoh saya memberi nama “SPYROZONE.NET is Cool” {Ssst.. ini salah satu trik biar artikel saya dimuat :D }. Anda bisa juga meletakkan data-data profil Anda di folder yang Anda inginkan dengan klik [Choose Folder..]. Klik [Finish] sesudahnya.
  3. Nah, sekarang ada 2 profil di Profile Manager, default dan SPYROZONE.NET is Cool.
    {Image: Ask at startup}
    Ask at startup
    Jangan buru-buru klik [Start Firefox], buang centangDon’t ask at startup” agar kotak dialog profile manager selalu muncul ketika Anda membuka Firefox sehingga user bisa memilih profil mana yang akan digunakan. Jika cetang tersebut tidak Anda buang, Firefox akan otomatis menggunakan profil yang terakhir Anda gunakan. Jika centang sudah dibuang, klik Profil baru Anda lalu klik [Start Firefox].
  4. Jika centang sudah dibuang, klik Profil baru Anda, lalu klik [Start Firefox].
    {Image: Welcome to Firefox}
    Welcome to Firefox
    Firefox akan terbuka dengan tampilan awal seperti saat pertama kali melakukan instalasi. Sekarang coba Anda tutup jendela Mozilla Firefox, lalu buka kembali. Anda akan diminta untuk memilih profil yang ingin digunakan;)

Shortcut Untuk Masing-Masing User

Ribet karena tiap mengakses Firefox selalu diminta untuk memilih profil? Anda bisa membuat Shortcut untuk masing-masing user.
  1. Buka Firefox Profile Manager, lalu beri centang pada “Don’t ask at startup“. Klik [Exit] sesudahnya.
  2. Klik kanan pada Shortcut Mozilla Firefox, lalu pilih Properties. Tambahkan parameter:
    -P "default"
    pada target Shortcut agar Firefox menggunakan profil default ketika shortcut tersebut diakses. Klik [OK] sesudahnya.
    {Images: Shortcut Default Firefox}
    Shortcut Default Firefox
  3. Klik kanan pada Desktop → New → Shortcut. Isikan lokasi firefox.exe dengan parameter -P “Nama Profil”. Karena dalam contoh ini nama profil yang saya buat adalah “SPYROZONE.NET is Cool”, maka target shortcut yang saya masukkan adalah demikian:
    "C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe" -P "SPYROZONE.NET is Cool"
    {Image: Add New Shortcut}
    Add New Shortcut
    Klik [Next] sesudahnya. Isikan nama Shortcut, lalu klik [Finish].
  4. Ulangi langkah 3 jika Anda ingin membuat shortcut untuk user lain.
Selamat mencoba ya.. d{‘_’}b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar